Senin, 04 September 2017

Penyebab Perut Menjadi Kembung Usai Minum Kopi

Banyak orang yang tidak bisa memulai harinya kalau belum minum secangkir kopi. Tetapi, banyak pula yang mengeluhkan perut kembung setelah minum kopi yang bikin tak nyaman beraktivitas seharian. Lantas apa Penyebab Perut Menjadi Kembung Usai Minum Kopi? Simak penjelasannya dibawah ini.

 Penyebab Perut Menjadi Kembung Usai Minum Kopi

Penyebab Perut Menjadi Kembung Usai Minum Kopi | Perut kembung merupakan suatu kondisi dimana ketika perut terasa penuh dan kencang. Tak hanya itu saja, perut kembung juga menyebabkan perut terlihat membesar. Jika dibiarkan tentu saja hal ini dapat membuat kita merasa tidak nyaman. Selain perut terlihat besar, kencang dan penuh, perut kembung biasanya juga disertai dengan gejala-gejala lainnya, seperti bersendawa, kentut dan perut terasa bergejolak.

Umumnya ada beberapa hal yang menyebabkan perut kembung, mulai dari mengunyah permen karet, minum terlalu cepat, makan terlalu cepat, merokok,  makan sambil bicara serta dikarenakan makanan dan minuman. Selain mengonsumsi kol, kacang-kacangan, olahan produk susu dan makanan kemasan, tahukah Anda bahwa kopi juga merupakan salah satu makanan penyebab perut kembung?
"Kopi bisa memicu rangsang berlebih di saluran pencernaan dan bisa memicu kejang (spasm) di lambung yang menyebabkan perut kembung," kata Dr Roger Gebhard, MD, seorang profesor gastroenterologi dari University of Minnesota.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini penyebab perut kembung setelah minum kopi :

  • Sifat asam dari kopi

Kopi secara natural bersifat asam sehingga dapat memicu produksi cairan asam lambung. Saat asam lambung naik, maka perut akan menjadi terasa lebih penuh dan kembung.

Selain itu, kopi juga sebenarnya membuat Anda lebih sulit buang air besar, sehingga membuat isi perut menumpuk di dalam tubuh, termasuk gas. Hal ini yang membuat perut Anda kembung.  

  • Campuran susu yang Anda tambahkan

Perut kembung setelah minum kopi dapat disebabkan oleh campuran susu sebagai pemanis kopi Anda. Namun pada beberapa orang yang punya intoleransi laktosa, susu bisa menyebabkan perut kembung setelah minum kopi bahkan hingga diare.

  • Gula yang Anda gunakan dalam kopi

Anda suka kopi yang manis atau pahit? Kalau Anda suka kopi manis, berapa banyak gula yang Ada gunakan? Ternyata, terlalu banyak menggunakan gula justru membuat kondisi ini semakin parah. Makanan manis juga dapat memicu  rasa penuh di area perut dan membuat Anda tak nyaman.

  • Masalah pencernaan

Mungkin sebelumnya Anda sudah mengalami gangguan pencernaan, kemudian diperparah dengan kebiasaan minum kopi. Gangguan pencernaan yang biasanya menimbulkan perut kembung contohnya gangguan asam lambung dan irritable bowel syndrome.

> Cara Mencegah Perut Kembung Setelah Minum Kopi

Jika perut kembung yang Anda alami ini akibat kebiasaan minum kopi yang Anda lakukan setiap hari, maka hal yang paling tepat untuk mengatasinya adalah mengurangi frekuensi kebiasaan tersebut. Anda juga harus mengatur kapan Anda sebaiknya minum kopi.

Hindari minum kopi ketika perut kosong. Hal ini hanya akan membuat asam lambung naik dan kemudian muncul gejala perut kembung. Apalagi, jika Anda memang memiliki riwayat maag atau asam lambung naik, maka minum kopi sebelum makan adalah hal yang buruk.

Coba juga kurangi kadar gula yang Anda gunakan, serta hindari penggunaan susu bila Anda memang memiliki intoleransi laktosa. Jika perut kembung tak kunjung sembuh, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Baca Juga :

  1. Agen Jelly Gamat QnC
  2. Manfaat Diet Mediterania
  3. Obat Tuba Falopi Tersumbat

Penyebab Perut Menjadi Kembung Usai Minum Kopi

0 komentar:

Posting Komentar